Widget HTML Atas

Prinsip & Strategi Sun Tzu Dalam Dunia Marketing


Tertarik membuat ini sebagai postingan karena Marketing adalah dunia saya...
Di dunia ini paling banyak ditemukan Seni-Strategi-Siasat-Taktik dan Ketahanan Fisik serta Mental untuk membentuk saya menjadi manusia yg lebih hidup seperti sekarang ini..

Yups ! Marketing memang identik dengan PERANG .


Keberhasilan strategi militer mengilhami konsep konsep yang melahirkan suksesnya sebuah roda pemasaran berputar.
Karenanya beberapa “jurus’ Sun Tzu sangat relevan diterapkan dalam dunia pemasaran.
Sun Tzu , seorang ahli strategi Perang Cina , Penulis Buku “ The Art Of War “ 400 tahun sebelum Masehi berkata : Kenali musuh dan dirimu sendiri , dan dalam ratusan peperangan anda tidak akan terkalahkan, kalau anda hanya mengenali diri sendiri tanpa mengenali musuh , kemungkinan kalah dan menang seimbang.
Kalau anda tidak mengenal musuh dan diri sendiri , anda dipastikan kalah dalam pertempuran.

Filosofi Sun Tzu

Inti ajaran sun Tzu adalah Thinking Strategy dan pola pikir yg dipergunakan.
Didunia marketing sekarang , kalau kita mengerti teori sunTzu , minimal analisisnya lebih tajam.
Punya pengertian tentang survival ,  tak-tik , mata-mata , dan kecepatan bertindak.

Bermuara pada SPIRIT FOR SURVIVAL  ( Kill or To Be Kill ) lalu memecah pada aliran :

A.Mental Struggle 

1.Ulet / Pantang menyerah pada tujuan
2. daya tahan / kekuatan mengahadapi perubahan / kompetisi
B. Sharp analytical skill
1. analisa situasi
2. analisa Potensi
3. analisa Pesaing

Inner Power ajaran Sun Tzu

SURVIVAL MENTALITY

1. Ulet , kemauan keras
2. Tanggung jawab
3. Positif Thingking ---- Auto Positive Doing
4. Semangat
5. Kuat
6. Tidak pendendam
7. Tidak benci

THE POWER OF ACTION 

Ya , berjalan 1000 mil jauhnya , dimulai dengan langkah pertama untuk mengawali berjalan.

Semua diatur oleh kita sendiri : PLANNING diteruskan oleh ACTION diterapkan oleh pemikiran : 
SAYA YAKIN , SAYA BISA , TIDAK TAKUT GAGAL , OPTIMIS

Jauh sebelum pakar-pakar pemasaran menemukan teori-teori praktis ( buku2 yg kita baca saat ini )
Dunia pernah memiliki Sun Tzu , seorang Ahli Strategi Perang Cina yg ide dan gagasannya kemudian banyak mengilhami banyak pemikiran dalam dunia pemasaran.
Meski ajaran Sun Tzu sudah berumur 2500 tahun namun justru terasa makin relevan dengan dunia pemasaran masa kini.

Ajaran Sun Tzu adalah Thinking strategy dan Pola Pikir yg digunakan dalam memenangkan pertempuran.

FILOSOFI SUN TZU DALAM KONTEKS PEMASARAN ADALAH :

1.       Ketajaman analisa ( membaca kekuatan dan kelemahan lawan & diri sendiri , medan pertempuran ,  kunci-kunci sukses dalam memenangkan pertempuran )
2.       Pengertian tentang survival ( mempertahankan kesinambungan hidup )
3.       Pengertian tentang Tak-Tik
4.       Mata-mata dalam mengumpulkan informasi pesaing
5.       Kecepatan dalam bertindak

Jadi menurut Sun Tzu yg penting semua memperkuat tentang pola pikir , strategi penyusunan rencana, strategi mengetahui seluk-beluk lawan dan memata-matai kekuatan lawan.

Contoh PEPERANGAN pada PEMASARAN , Masa kini :










AUTOMOTIVE     :
  • HONDA ,
  • SUZUKI , 
  • MAZDA , 
  • TOYOTA , 
  • HYUNDAI , 
  • KIA , 
  • FORD , 
  • NISSAN
HYPERMARKET  :
  • LOTTE MART , 
  • CAREFOUR , 
  • GIANT , 
  • ALFA , 
  • HERO , 
  • HYPERMART , 
  • LION  SUPERINDO
SOFTWARE          :
  • WINDOWS VS LINUX
SOFTDRINK        :
  • COCACOLA VS PEPSICOLA
MOBILE PHONE    :
  • NOKIA , 
  • SAMSUNG , 
  • SONY ERICKSON , 
  • MOTOROLA , 
  • BLACKBERRY
FASTFOOD          :
  • KFC , 
  • CFC , 
  • TEXAS CHICKEN , 
  • MCDONALD, WENDY’S , 
  • A&W
MI INSTANTS     :
  • INDOMIE , SARIMI, 
  • SUPERMI VS SEDAAP , 
  • ABC
DETERGENT        :
  • BU KRIIM , 
  • TOTAL VS RINSO , 
  • DAIA , 
  • BOOM
KECAP dan SAMBAL BOTOL :
  • INDOFOOD VS ABC ,
  • Sedaap , 
  • Bango dll 
Dan Produk lain-lainnya yg biasa kita temukan di mana-mana

Prinsip-prinsip Sun tzu ini merupakan “pendekatan menyeluruh atas strategi yang powerfull secara ringkas dan tepat dalam meraih kemenangan dalam pertempuran”

Terdapat 6 Prinsip Sun Tzu , yang intinya bagaimana menang dalam pertempuran di pasar** 
( akan di jelaskan pada postingan berikutnya )

 
Hindari kekuatan lawan dan serang kelemahannya --- ANALISA SWOT – FLANKING STRATEGY
( Serang Sisi )

  

( POINT-POINT dibawah ini akan di jelaskan pada postingan berikutnya ) 
 
1. MENGGUNAKAN PENGETAHUAN & TIPUAN**
2. KECEPATAN dan PERSIAPAN**
3. MEMBENTUK LAWAN**
4. PEMIMPIN BERKARAKTER**
5. STRATEGI dengan SIASAT**
6. STRATEGI dengan PENEMPATAN**
7. ENERGI atau POTENSI**
8. TITIK LEMAH dan KUAT**
9. STRATEGI SEMBILAN MEDAN**
10.JENIS-JENIS MANUFER**
11.VARIASI TAKTIK**
12.PENGGUNAAN MATA-MATA**
13.STRATEGI MEMBUAT MANAJEMEN KONFLIK**

Mari kita sama-sama belajar...
Bagaimanapun mari kita terus asah dan asah kemampuan kita setiap waktu dan kesempatan,

Cukuplah untuk terlalu meremehkan apa-apa yang kita lihat dan nilai lemah yang didepan mata kita meskipun ia hanya " seorang anak kecil ingusan atau anak muda yg menurut kita masih seumur jagung  atau juga orang yg sudah tua bangka yg kita anggap sdh bau tanah...."
….
Postingan ini akan saya lanjutkan setelah  pesan-pesan berikut ini  hehe…