Widget HTML Atas

5 Tipe Karyawan yang Ada di Lingkungan Kantor Kita ( Dalam Perspective Islam )

Just For Share .....Brotha and Sistaa.....
Tak ada niatan dan maksud guru-menggurui dalam postingan kali ini, Postingan ini sekedar menyampaikan apa yg menurutnya benar dan baik bagi penulisnya
kita-pembelajar
 kita implementasikan sama-sama jika sudah tercapai kata sepakat.....yuuukkk !

sumber ini sy dapatkan yg sempat tersimpan lama di lepi saya sejak bbrpa tahun lalu..

5 Tipe Karyawan yg ada dilingkungan kantor kita .......

Dimanapun kita bekerja, dilingkungan apapun bentuknya yg namanya interaksi ( hablum minan naas ) kerap kita hadapi, bagaimanapun kondisinya dan haha.....sekali lagi : cara pandang dan menyikapi sesuatu sangat penting untuk kelangsungan hubungan kedepan nantinya.
Negatif ato pilih Positif ??

Supaya tidak melebar, pada postingan ini masih dalam konteks klasifikasi karyawan..
terlepas dari apa jabatannya, siapapun dia, apa backgroundnya..., one more time penekanannya adalah :
KLASIFIKASI KARYAWAN Versi Postingan ini .

Brotha...and Sistaa....
Pengklasifikasian karyawan dan pejabat kantor ini disepakati dengan istilah hukum yang digunakan dalam agama Islam khususnya.
teruskan saja membacanya.......

Dimana , diketahui bersama-sama bahwasanya dlm islam ada 5 Hukum yg selalu berjalan mengitari sikap dan sifat yg manusia lakukan hingga akhir hayatnya kelak  , yaitu :

*Hukum Fardhu ( Wajib ) - Hukum Sunnah - Hukum Mubah - Hukum Makruh dan Hukum Haram

Pendekatan ini samasekali bukan untuk mencampuradukkan atau merendahkan nilai istilah hukum tersebut, melainkan hanya sekedar guna mempermudah pemahaman kita saja .

karena makna dari istilah hukum tersebut sesungguhnya sangat sederhana dan akrab bagi kita.

Mudah-mudahan bisa jadi cara yang praktis untuk mengukur dan menilai diri sendiri ....
saya pribadi , anda My Brotha ,and You are My sista sekalian serta kita semua umumnya......hohohoho.......

Inilah 5 Tipe Karyawan yg ada dilingkungan kantor kita umumnya .......



1. Karyawan / Pejabat  "Wajib"



Tipe karyawan atau pejabat wajib ini memiliki ciri :

keberadaannya sangat disukai, dibutuhkan, harus ada sehingga ketiadaannya sangat dirasakan kehilangan.


Dia sangat disukai karena pribadinya sangat mengesankan, wajahnya yang selalu "bersih", cerah dengan senyum tulus yang dapat membahagiaan siapapun yang berjumpa dengannya.


*  Tutur katanya yang sopan tak pernah melukai siapapun yang mendengarnya, bahkan pembicaraannya sangat bijak, menjadi penyejuk bagi hati yang gersang, penuntun bagi yang tersesat, perintahnya tak dirasakan sebagai suruhan, orang merasa terhormat dan bahagia untuk memenuhi harapannya tanpa rasa tertekan.


*  Akhlaknya sangat mulia, membuat setiap orang merasakan bahagia dan senang dengan kehadirannya, dia sangat menghargai hak-hak dan pendapat orang lain, setiap orang akan merasa aman dan nyaman serta mendapat manfaat dengan keberadaannya



2. Karyawan / Pejabat "Sunnah"


Ciri dari karyawan/pejabat tipe ini adalah : 

kehadiran dan keberadaannya memang menyenangkan, tapi ketiadaannya tidak terasa kehilangan..

Kelompok ini hampir mirip dengan sebagian yang telah diuraikan, berprestasi, etos kerjanya baik, pribadinya menyenangkan hanya saja ketika tiada, lingkungannya tidak merasa kehilangan, kenangannya tidak begitu mendalam.

Andai saja kelompok kedua ini lebih berilmu dan bertekad mempersembahkan yang terbaik dari kehidupannya dengan tulus dan sungguh-sungguh, niscaya dia akan naik peringkatnya ke golongan yang lebih atas, yang lebih utama.

3. Karyawan / Pejabat "Mubah"



Ciri khas karyawan atau pejabat tipe ini adalah : 

ada dan tiadanya sama saja.

Sungguh menyedihkan memang menjadi manusia mubadzir seperti ini, kehadirannya tak membawa arti apapun baik manfaat maupun mudharat, dan kepergiannya pun tak terasa kehilangan.

Karyawan tipe ini adalah orang yang tidak mempunyai motivasi, asal-asalan saja, asal kerja, asal ada, tidak memikirkan kualitas, prestasi, kemajuan, perbaikan dan hal produktiflainnya. Sehingga kehidupannya pun tidak menarik, datar-datar saja.

Sungguh menyedihkan memang jika hidup yang sekali-kalinya ini tak bermakna. Harus segera dipelajarilatar belakang dan penyebabnya, andaikata bisa dimotivasi dengan kursus, pelatihan, rotasi kerja, mudah-mudahan bisa meningkat semangatnya.

4. Karyawan / Pejabat "Makruh"


Ciri dari karyawan dan pejabat kelompok ini adalah :

adanya menimbulkan masalah tiadanya tidak menjadi masalah.

Bila dia ada di kantor akan mengganggu kinerja dan suasana walaupun tidak sampai menimbulkan kerugian besar, setidaknya membuat suasana tidak nyaman dan kenyamanan kerjaserta kinerja yang baik dapat terwujud bila ia tidak ada.

Misalkan dari penampilan dan kebersihan badannya mengganggu, kalau bicara banyak kesia-siaan, kalau diberi tugas dan pekerjaan selain tidak tuntas, tidak memuaskan juga mengganggu kinerja karyawan lainnya.

5. Karyawan / Pejabat "Haram"

 

Ciri khas dari kelompok ini adalah :

kehadirannya sangat merugikan dan ketiadaannya sangat diharapkan karena menguntungkan.

Orang tipe ini adalah manusia termalang dan terhina karena sangat dirindukan "ketiadaannya". Tentu saja semua ini adalah karena buah perilakunya sendiri, tiada perbuatan yang tidak kembali kepada dirinya sendiri.

Akhlaknya sangat buruk bagai penyakit kronis yang bisa menjalar. Sering memfinah, mengadu domba, suka membual, tidak amanah, serakah, tamak, sangat tidak disiplin, pekerjaannya tidak pernah jelas ujungnya, bukan menyelesaikan pekerjaan malah sebaliknya menjadi pembuat masalah. Pendek kata di adalah "trouble maker".



Silahkan kita semua , Brotha dan sistaa renungkan, kita termasuk kategori yang mana...?

Semoga semua ini menjadi bahan renungan agar hidup yang hanya sekali ini kita bisa merubah diri dan mempersembahkan yang terbaik dan yang bermanfaat bagi dunia dan akhirat nanti.

Mari , Gak bisa cepat-cepat ...Ya pelan-pelan saja kita jadi  manusia yang "wajib ada".

Semoga!

(Ide dasar ini diambil dari pendapat Emha Ainun Najib)
nb: "pics" didalam postingan ini hanya contoh dan model , tidak ada maksud yg terkandung apapun didalamnya, enjoy aja yaa....Salam Sukses !