• IMG 0634

    Kalau kau sedang mudah bukan karena keadaan yang sedang mudah tapi karena kau sedang dimudahkan

  • IMG 0293

    Biasanya kebaikan yang benar-benar baik diawal-awalnya selalu sering tidak nampak sebagai kebaikan.

  • pasar terapung

    Setiap keinginan hampir selalu dikabulkan untuk waktu yang hampir tidak bisa ditentukan

  • siring banjar

    Jangan sok bahagia agar kau tak makin menderita, Buatlah hatimu mudah gembira. Caranya, melihat, merasa, mengundang soal-soal yang menggembirakan. Ia Berserakan di sekitarmu.

  • angsana pantai

    Banyak kata-kata bijak yang berhenti pada tingkatan kata-kata.

  • samber gelap

    Hati-hati dengan gaya ! Yang menurutmu gaya dihari ini bisa jadi aibmu dikemudian hari.

  • 3

    Yang besok akan jadi kini . Yang kini akan jadi silam.

  • loksaa

    Merasa BISA , sering menjangkiti pihak yang sesungguhnya TIDAK BISA.

  • 123

    Dengan memiliki BLOG Pribadi , mungkin sesekali kita akan mendapat maki . Tetapi jika sabar, kita akan mengerti dengan baik bahasa zaman terkini , bawa santay lah !.

  • labirin phr

    Toleran bukan berarti setuju. Apalagi mendukung . Toleran hanya tidak memusuhi.

  • Kita adalah Pembelajar

    Tak ada yang menakutkan dari masa depan . Ia hanyalah masa silam yang masih menunggu didepan.

  • Kita adalah Pembelajar

    Setiap kita punya sisi malas . Lawan !! .

  • Kita adalah Pembelajar

    Nasihat hanya penting untuk yang masih mungkin.

  • Kita adalah Pembelajar

    Kamu boleh JOMBLO dan KESEPIAN tapi jangan hilang MAKNA .

  • Kita adalah Pembelajar

    Guru yang mengubah murid adalah guru yang dicintai dan Guru yang dicintai adalah Guru yang mencintai murid.

  • bukit batas

    Belajar dari Kehidupan ! Hidup ini keras maka gebukkilah !.

  • Kita adalah Pembelajar

    Hidup akan bermakna jika jumlah manfaat kita melebar,meninggi dan mendalam .

  • Kita adalah Pembelajar

    Sesuatu yang dapat dihindari, mengapa harus dihadapi. Bijaklah dalam memenuhi panggilan .

  • Kita adalah Pembelajar

    Kejenuhan adalah hal-hal mekanis, tepikan ia dengan nilai-nilai ideologis .

25/10/11

Posted by toniey
| 23.03
 Otak kiri berhubungan dengan perasaan positif. Area ini juga memicu kedekatan yang dapat mendorong rasa bahagia. Sebaliknya otak kanan lebih berkaitan dengan emosi negatif, seperti mendorong penolakan, rasa takut dan kesedihan



Saat kita marah, dampak psikologi akan langsung dirasakan jantung dan arteri. Emosi negatif seperti rasa marah dan benci akan mengaktifkan respon “melawan atau lari” sehingga hormon stres, termasuk adrenalin dan kortisol, akan membuat jantung berdetak lebih keras. Demikian juga halnya dengan napas yang menjadi cepat dan tekanan darah meningkat sebagai akibat pembuluh darah yang mengerut. “Kadar adrenalin dan kortisol dalam kadar yang tinggi akan memberi efek racun bagi jantung. Selain itu terlalu sering marah akan mempercepat proses ateroklerosis atau penimbunan lemak di pembuluh darah,” kata Jerry Kiffer, MA, peneliti bidang jantung dan otak dari Cleveland Clinic’s Psychological Testing Center, AS.

Ia menjelaskan, hal itu terjadi karena otak memompa terlalu cepat, pembuluh darah mengerut, dan tekanan darah naik. Selain itu, saat emosi sedang meledak-ledak, kadar glukosa
dalam darah ikut naik dan lebih banyak titik lemak di pembuluh darah. Para ahli meyakini hal itu akan merusak dinding arteri.

Selain marah, faktor lain yang mempercepat kerusakan jantung adalah kecemasan dan depresi. “Orang yang sering marah cenderung memiliki emosi negatif yang kronik, semisal rasa cemas dan depresi,” kata Kubzansky.    

Sebenarnya marah adalah reaksi emosional yang sangat wajar, seperti juga perasaan  takut, sedih dan rasa bersalah. 
Hanya biasanya kemarahan itu memunculkan dampak langsung yang lebih merusak. Marah menyebabkan tercela.  Marah dapat membinasakan hati. Marah itu tidak lain merupakan salah satu penyakit hati yang kalau dibiarkan akan dapat merusak diri secara keseluruhan. marah dapat mengubah fungsi organ tubuh.

 Berkait dengan ini, Dr. Mann menyebutkan berdasarkan penyelidikan ilmiah mengenai pengaruh fisiologis akibat kecemasan (baca: marah) telah mengungkapkan adanya berbagai perubahan dalam seluruh anggota tubuh seperti hati, pembuluh darah, perut, otak dan kelenjar-kelenjar dalam tubuh. Seluruh jalan fungsi tubuh yang alamiah berubah pada waktu marah. Hormon adrenalin dan hormon-hormon lainnya menyalakan bahan bakar pada saat marah muncul. Marah akan “mempercepat” kematian. 

Marah yang terjadi pada seseorang akan memengaruhi atas kualitas kesehatannya. Menurut para ahli kesehatan, amarah dapat menyebabkan kematian secara mendadak jika hal itu mencapai tingkat kehebatan tertentu. ( Nah hayuuu kam ).

Emosi yang dikeluarkan saat meluapkan kemarahan mampu mengurangi pengaruh negatif dari stres. Ketika marah, aliran darah ke otak yang menciptakan perasaan positif akan meningkat.

Amarah yang tak terkontrol akan membawamu ke masalah-masalah berikut ini.


1. Masalah kesehatan

Saat kita marah, kelenjar adrenalin membanjiri tubuh kita dengan hormon stress, seperti adrenalin dan kortisol. Otak kita mentransfer darah dari usus ke otot kita, mempersiapkan kontak fisik. Denyut jantung, tekanan darah, dan temperatur tubuh meningkat dan kulit berkeringat. Pikiran kita menjadi lebih tajam dan fokus. Bahan kimia stress secara konstan membanjiri tubuh dan perubahan metabolisme yang menyertai amarah kita lama-lama menyebabkan kerusakan sistem tubuh kita. Beberapa masalah kesehatan jangka pendek dan jangka panjang yang berhubungan dengan amarah yang tak terkontrol adalah:
  • Sakit kepala
  • Masalah pencernaan, seperti sakit perut
  • Insomnia
  • Rasa gelisah
  • Depresi
  • Tekanan darah tinggi
  • Masalah kulit, seperti eczema
  • Serangan jantung
  • Stroke.
2. Menyakit perasaan orang lain

Jika marah kita tidak terkontrol, biasanya, kita akan berbicara dan bertindak berdasarkan emosi kita. Seringkali kata-kata dan tindakan kita akan menyakit perasaan orang lain.

3. Melakukan kekerasan yang berujung pada tindak kriminal 
    ( Dendam ).

Saat orang sudah kehilangan akal sehat dan tidak dapat menahan amarah. Mereka bisa melakukan sesuatu yang biasanya tidak mereka lakukan seperti kekerasan, atau dalam kasus terburuk, membunuh seseorang.

4. Sulit berkonsentrasi saat bekerja

Jika amarah memenuhi pikiranmu, akan sangat sulit untuk berpikir dengan baik. Kamu akan sulit mengerjakan pekerjaanmu dan hasilnya, produktivitasmu menurun drastis.

5. Orang-orang ( perlahan-lahan ) akan menjauhi dirimu

Jika kamu mudah marah, orang lain akan takut padamu dan berpikir kamu tidak punya kepribadian yang menyenangkan. Kamu tentu tidak suka berada di dalam situasi yang tidak menyenangkan dengan temanmu terlalu sering, kan? :)

6. Membawamu kepada penyesalan

Jika kamu bertindak dengan cara yang negatif saat marah, kamu cenderung akan menyesali tindakanmu saat kamu sudah sedikit lega. Meminta maaf pada orang yang kamu sakiti bisa saja sulit.
Saya selipkan Alhadist setiap postingan ini , berkenaan dengan MARAH tersebut semoga kita semua dan saya pribadi mampu mengimplementasikannya dlm kehidupan sehari-hari :

berikut adalah beberapa hadist Nabi Muhammad saw tentang marah dari kitab muntakhab ahadist.

1. Dari ibnu Abbas r,huma dari Nabi saw,beliau bersabda.”Ajarkanlah (perkara agama kepada  manusia), berilah kabar gembira,dan janganlah mempersulit ( sesuatu apapun )  , dan apabila seseorang dari kalian MARAH , maka hendaklah ia DIAM .(HR Ahmad)

2. Dari ‘Athiyah r a berkata,Rasulullah saw bersabda, ”Sesungguhnya marah itu berasal dari syetan,dan sesungguhnya Syetan itu di ciptakan dari api,sedangkan api hanya bisa dipadamkan dengan air.
Oleh karena itu,apabila seorang dari kalian marah,maka hendaklah ia berwudhu (HR Abu DAwud)


3. Dari Abdullah bin umar r.a  meriwayatkan,Rasulullah saw bersabda,”tidaklah seorang hamba menelan satu tegukan yang lebih utama (lebih disukai)disisi Allah  dari pada satu tegukan kemarahan yang ia telan ( tahan ) semata-mata karena mengharap keridhaan Allah swt ( HR Ahmad )

4. Dari Mu’adz ra meriwayatkan bahwasanya Rasulullah saw bersabda,”Barang siapa yang menahan marahnya , padahal ia mampu untuk meluapkan marahnya,maka pada hari kiamat Allah akan memanggilnya kehadapan seluruh mahluk, lalu dia mempersilahkan padanya untuk memilih bidadari mana yang ia suka 
(HR Abu Dawud)

5. Dari Anas bin Malik ra,sesungguhnya Rasulullah saw bersabda ,”Barang siapa yang menjaga lidahnya (dari membicarakan aib orang lain ) maka Allah akan menutupi aibnya ( kesalahannya ).
Barang siapa yang menhan MARAHnya,maka Allah akan menahan ADZAB-Nya terhadap dirinya pada hari kiamat,Dan barang siapa yang meminta maaf kepada Allah ‘Azza wa jalla maka Allah akan menerima permintaan maafnya ( HR Baihaqi )


Bro dan sista teman-teman semua ......, dimanapun kita berada : tempat terendah hingga tertinggi , sudut terindah atau sudut terburuk ...kita tetaplah hanya sementara saja, tidak kekal terlebih-lebih ketika kita berada di comfort-zone ( zona nyaman ) tersebut.

Yuuk kita kurangi marah kita , sesak kita , 

wallahu 'alam.. 




Silakan beri komenmu Bro dan Sista......